Haii, kali ini saya akan membahas elemen elemen juga prinsip desain pada sebuah iklan. Tetapi, kali ini tidak iklan cetak, melainkan iklan berupa TVC. berikut merupakan hasil analisa saya mengenai iklan Pentene Gold Series.
LOGO : Logo pantene terletak di bagian tengah dengan ukuran
yang cukup besar, di pertengahan video dan akhir video
PRODUK : Shampoo
CLIENT : Pentene
COMPANY NAME : Pentene
CAMPAIGN : Bikin rambut fleksibel
PURPOSE : Mengajak untuk tampil all out tanpa perlu malu
malu, dengan menggunakan shampoo ini rambut kita akan lebih fleksibel dan mudah
untuk di bentuk bentuk sesuai yang kita ingin kan.
TARGET AUDIENCE : Wanita
COPY :
-
Hey! Tampil yuk, jangan malu malu
-
Tampil all out dengan rambut mu hari ini
-
Baru, pantene gold shampoo dan conditioner
-
Bikin rambut fleksibel
-
Bisa di bentuk semau kita
SLOGAN : Pentene Gold Series
PRIMARY FEATURE
- Di dalam iklan tersebut terdapat dua karakter utama yaitu
Anggun C Sasmi dan Maudy Ayunda, mereka merupakan brand ambassador dari brand
Pentene.
Dalam detik ke 2 pengambilan gambar dilakukan dengan teknik
Lng shot yang memperlihakan masing masing dari 2 pemeran utamanya, lalu
pengambilan gambar keduanya. Di detik ke 3 pengambilan gambar menggunakan
teknik medium shot, di sertai dengan logo Pentene yang berada di tengah dan
cukup besar. Di detik ke 8 pengambilan gambar menggunakan medium close up, dan
2 pemeran utama berbicara mengenai kelebihan dari produk Pentene ini. pada
detik ke 11, pengambilan gambar menggunakan medium close up dan 2 pemeran utama
sedang bergaya sambil memainkan rambut dan menari. Lalu di detik ke 14,
memperlihatkan produk shampoo dan conditioner Pentene dengan pengambilan gambar
medium shot. Detik ke 18, kedua pemeran utama sedang memainkan rambut dengan
teknik medium shot. Lalu detik ke 21 pengambilan gambar dengan teknik low
angel. Detik ke 23 medium closeup. Detik ke 24 extreme long shot. Detik ke 26
teknik medium closeup. Detik ke 27 extreme long shot, memperlihat kan kedua
pemeran utama sedang bercanda. Lali detik ke 29 teknik pengambilan gambar closeup, dan kedua pemeran utama sambil
mengibas ngibas rambut. Dan yang terakhir detik ke 30, hanya memperlihatkan Maudy Ayunda yang sedang
bersandar di sebelah ruangan kotak besar dan terdapat logo Pentene yang cukup
besar dan berada di tengah, pengambilan gambar menggunakan teknik extreme long
shot.
-
Medium : medium yangdigunakan merupakan (TVC)
Television Commercial
-
Camera Movement : pengambilan gambar lebih
banyak pergerakan kamera still, tetapi dengan berbagai macam shot shot yang
berbeda.
-
Texture : texture yang terdapat di dalam iklan
ini cukup beragam, mulai dari texture rambut, texture baju, texture dinding,
texture dari ruang box yang besar, dan texture suara , dari segi suara artis
anggu memiliki suara yang cukup berat, dan suara artis maudy dengan suara yang
lembut seperti suara anak anak.
-
Dimention : 720 x 480 , 720p
-
Value : Dari awal hingga akhir, rata rata
pengambilan gambar menggunakan warna warna gold yang cukup teran, dan
menyesuaikan dengan slogan produk
“Pentene Gold Series”, dan warna nya tidak banyak perubahannya, dan
cukup kontras.
-
Warna : warna yang digunakan di dalam iklan ini
termasuk yang konsisten, karna dari awal hingga akhir penggunaan warna lebih
spesifik di warna gold, dan tidak banyak perubahan warna.
-
Scale : kedua pemeranutama di dalam iklan ini
cukup memiliki ukuran dan tinggi badan yang sama, hanya saja mereka terlihat
lebih kecil di bandingkan dengan ruang box besar yang ada di belakangnya.
SECONDARY FEATURE
-
Balance : pada iklan ini keseimbangan yang
simetris
-
Repetition : terjadi pengulangan adegan di detik
ke 1, 5, 10, dan 18, saat kedua pemeran utama sedang bernari nari, lalu di
detik ke 8, 9, 14, 15, 16, 20, 17, 22, dan 23 ketika mereka sedang bergaya
sambil memegang dan memainkan rambutnya, dan di detik ke 27 dan 29, ketika
mereka sedang mengibas ngibaskan rambut mereka.
-
Emphasis : ketika mereka sedang memainkan rambut
mereka yang terlihat hitam pekat dan berkilau, dan juga produk shampoo yang
diperlihat kan dengan jelas .
-
Unity : Dari awal hingga akhir ikan ini memiliki
tone warna warna yang senada yang hampir tidak ada perubahan, dan konsisten di
dalam pengiklanan produk shampoo yang dimana kebanyakan kedua pemeran ini
selalu memegang dan memainkan rambutnya.
-
Variety : Terdapatnya, Voice Over, Visual, dan
Sound Effect
-
Harmony : terlihat senada karna tone warna yang
golddengan background silver.
-
Movement : kedua pemeran utama bergaya, jalan
layaknya model, menari nari, memaikan rambutnya, dan mengibas ngibas kan rambut
.
-
Dominance : Dari awal hingga akhir, di dominasi
dengan tone warna gold dengan background silver.
-
Rhythm : Ritme yang cepat setiap detik
menunjukan perbedaan gerakan yang cukup cepat.
Komentar
Posting Komentar