Re - Design Iklan Layanan Masyarakat


Pada iklan tidak jarang kita melihat terdapatnya penggambaran negative yang bertujuan untuk  sebuah peringatan. Sebenarnya sebuah iklan dengan penggambaran negative untuk sebuah peringatan tidak semuanya berjalan  secara efektif. Maka dari itu kita akan membahasnya dalam sebuah video Ted Talks dari Tali Sharot yang berjudul “ How to Motivate Yourself to Change Your Behavior”.



Dalam video diatas, menjelaskan bahwa, dengan cara kita memberi pesan yang negative (menakut nakuti) tidak akan selalu berjalan efektif. Dalam video juga menjelaskan bahwa dengan adanya cara seperti itu, akan membuat kita merasa takut akan diri kita sendiri. Ada sebuah eksperimen yang dimana ada dua hal yang memiliki tanggapan yang berbeda, seperti yang dikatakan oleh Tali Sharot, jika ada 2 expert yang memberikan sebuah informasi bahwa, expert A berkata "40% hidup mu akan lebih baik nantinya", dan expert B berkata "60% akan lebih buruk nantinya", kebanyakan orang pastinya akan mengambil atau percaya pada hal positif pada dirinya yang dapat memeberinya sebuah motivasi, di bandingkan hal yang negatif yang dapat membuatnya terkesan semakin terpuruk dengan mengetahui hal hal yang negatif.


Ada 3 hal yang dapat digunakan untuk merubah kebiasaan manusia, yaitu :

1. Social Intencives
Kita merupakan makhluk sosial yang dimana sangat peduli dengan apa yang orang lain lakukan seperti, jika orang lain menyukai sebuah hal pastinya kita akan melakukan apa yang disukai oleh orang lain tersebut.

2. Immediate Reward
Memberikan sebuah pujian dengan hal kecil yang baru mereka lakukan, dengan begitu mereka akan merasa lebih tercapai dengan apa yang telah mereka perbuat, di bandingkan dengan mereka yang harus jauh memikirkan apa yang akan mereka dapat di masa depan dan belum tentu pasti. Dengan adanya pujian  secara langsung, mereka akan merasakan kenyamanan dan melakukan hal yang sama agar menjadi hal yang biasa ia lakukan.

3. Progress Monitoring
Ketika melihat sebuah perkembangan pastinya kita akan termotivasi untuk meningkatkannya lagi atau mempertahankannya, maka dari itu kita harus mencari hal hal positif yang dapat memicu kita agar tetap selalu termotivasi.


Dengan begitu saya akan melakukan Re-Design sebuah iklan yaitu sebuah layanan masyarakat Doctor of The World.


Credits:
Advertising Agency: DDB, Paris, France
Executive creative director: Alexander Kalchev
Creatives: Gautier Fage, Sébastien Henras, Julien Bon, Benoit Oulhen
Account Management: Matthieu de Lesseux, Marine Hakim, Sophie Colus
PR: Anne-Marie Gibert
Photographer: Achim Lippoth


Iklan tersebut menjelaskan bahwa, kebanyakan dari anak anak kecil tidak menyukai dokter, obat obatan, dan pakaian dokter, maka dari itu iklan tersebut memiliki tagline "MAKE A CHILD CRY. SAVE HIS LIFE". Menurut saya iklan ini bertujuan untuk menolong para anak anak yang sedang sakit, mereka merasa takut dengan dokter dan obat obatan, karena beranggapan bahwa dokter akan melakukan hal yang mungkin mereka akan merasa kesakitan contohnya seperti di suntik, dan dengan rasa obat obatan yang tidak mereka sukai (pahit). Yang sebenarnya seorang dokter ingin menolongnya dengan menyembuhkannya. 

Dibawah ini merupakan hasil Re-Design saya:




Memberikan sebuah gambaran bahwa menjadi seorang dokter harus memiliki sikap yang ramah, murah senyum, dan mudah berinteraksi dengan pasiennya, teruma untuk seorang anak kecil, seorang dokter harus menunjukkan sikap yang ceria, sehingga mereka merasa senang dan tidak merasa tegang ketika berhadapan langsung dengan seorang dokter. Lalu terdapat beberapa obat obatan yang menggambarkan memiliki berbagai macam rasa yang berbeda beda, karena kebanyakan anak kecil tidak menyukai rasa obat yang pahit, jadi berilah mereka obat dengan rasa yang manis atau buah buahan, sehingga dengan mudah mereka konsumsi, serta membantu menyembuhkan penyakitnya. 


Komentar