ELEMENTS OF ADVERTISING

Hai, kembali lagi dengan saya,  kali ini saya akan membahas mengenai elemen – elemen desain di dalam sebuah iklan cetak. Berikut merupakan  analisa saya.






Product : Karastan Carpet Dove.

Purpose : Mengiklan kan sebuah karpet yang memiliki bulu bulu halus seperti bulu burung merpati.
Company Name : Karastan Carpet.
Target Audience : Orang Dewasa.
Headline : Some of us have more finely developed nesting instinets than others.
Visual : Terdapat seekor burung merpati yang sedang berada di suatu ruangan, dan beralaskan karpet.
Copywriting : Some of us have more finely developed nesting instinets than others.
Logo : Bagian bawah tengah.
Image : Terdapat seekor burung yang sedang berada di sebuah ruangan dengan lingkup ruangan yang cukup kecil, dan ada seekor kucing yang sedang berada di luar ruangan yangn sedang memperhatikannya.



PRIMARY FEATURE

Color : Memiliki tone warna yang senada, yaitu Brown , silver, white, green, black, red.
Dimention : jika kita lihat memiliki ruang di bagian depan, dan pada bagian belakang terlihat terdapat jarak antara objek burung dan kucing.
Line : terdapat garis yang menggambarkan dari tiang tiang jendela, dan garis yang menggambarkan sebuah anak tangga.
Mass : terlihat objek burung memiliki mass yang mengesankan objek burung sedang berpijak diatas karpet.
Medium : Hasil fotografi yang di cetak.
Scale : Objek burung merpati yang terlalu besar sehingga terkesan memenuhi ruangan.
Space : jarak antara objek burung merpati, dengan objek kucing.
Texture : Produk (karpet) yang terlihat memiliki bulu yang halus, objek burung yang terlihat memiliki bulu bulu yang halus namun berantakan di bagian ekor.
Value : cahaya nya yang terang, terkesan mengambil fotonya saat  masih terdapat matahari, dan menyinari dari bagian belakang objek burung, jadi lebih memiliki dimensi.






SECONDARY FEATURE

Balance : keseimbangan simetris ( karna objek burung merpati yang terlihat besar, seimbang dengan objek kucing di belakangnya yang cukup terlihat sama besar).
Composition : terdapat gambar produk, serta objek di bagian depan, dan objek di bagian belakang, dengan ukuran yang tidak jauh berbeda, dengan headline dan logo di bagian bawah.
Dominance : Lebih dominan objek burung merpati, karena objek tersebut berada di bagian depan, maka mata akan langsung tertuju pada objek burung merpati. 
Harmony : Kurangnya keselarasan, karena objek burung merpati ang terlalu besar, sehingga terkesan ruangan nya sangat kecil.
Unity : Terlihat kesatuan dalam objek objek nya, dan ada kesamaan warna yang contrast dalam visual iklan.
Proposition : Kurang proposional karena objek terlihat lebih besar dibandingkan dengan lingkup ruangannya.
Similarity : kesamaan terhadap dua objek yang memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda.
Variety : terdapatnya objek dan copy di dalam satu iklan.

Komentar