Pengaruh Lingkungan Terhadap Pembelian Laptop Apple Macbook Pro (Retina)


Hai, kali ini saya akan membahas salah satu pengalaman saya pribadi dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk.
Topik ini mengenai “Consumer Behavior”, pertama saya akan membahas mengenai apa itu Consumer Behavior.
Consumer Behavior adalah suatu perilaku konsumen dalam proses ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pembelian, pemilihan, penggunaan, serta pengevaluasian sebuah produk, demi memenuhi kebutuhan atau keinginan.
Sebagai konsumen tentunya kita pasti terpengaruh dengan orang orang yang berada di sekitar kita, seperti pendapat pendapat mereka, saran, ataupun masukan kepada kita, yang bisa membuat kita memiliki keinginan untuk membeli produk tersebut.

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin bercerita tentang pengalaman saya dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk.
Jadi ketika saya masih duduk di bangku SMK, saya memasuki SMK yang jurusannya Multimedia. Seperti yang kalian tahu jika mendengar kalimat Multimedia pasti tidak jauh jauh dari komputer atau laptop kan. Sebelum saya memiliki laptop, saya bertanya tanya terlebih dahulu kepada kaka saya, guru, teman teman, untuk memberikan saran dan mecari cari tahu di internet.
Setelah saya mendapat masukan dan sudah mengetahui laptop apa yg harus saya beli, orangtua saya memutuskan untuk membelikan saya laptop merek Apple yaitu Macbook Pro (Retina) dengan harga yang berkisaran  20. 000.000. Karna ketika saya searching di internet, dan masukan dari orang orang di sekitar saya, rata rata orang yang menggunakan laptop ini adalah orang orang yg dilingkup Multimedia tersebut dan laptop. Laptop ini juga mempunyai kapasitas untuk penyimpanan yang cukup besar, sehingga cocok untuk kegiatan kegiatan Multimedia. dan berhubung dari saya memasuki SMK Multimedia ini, saya sudah berfikiran bahwa saya akan melanjutkan kuliah saya di jurusan DKV, karna tidak jauh beda dengan jurusan yang saya ambil ketika SMK, jadi laptop ini akan tetap berfungsi sampain sekarang saya berkuliah di jurusan DKV ini. Karna laptop ini memang sudah di khususkan pada mereka, yang memang berprofesi sebagai Designer karna sudah memiliki fitur yang lengkap dengan kapasitas yan besar.
Dari kasus ini, bahwa saya mendapatkan banyak saran dan masukan dari orang orang di sekitar saya mengenai laptop ini.


Dari kesimpulan diatas, bahwa perilaku konsumen merupakan proses dimana aktifitas seseorang yang berhubungan dengan pencarian, pembelian, pemilihan, penggunaan, serta pengevaluasian sebuah produk produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Dari hasil pengalaman saya diatas bahwa, keputusan saya terjadi karena adanya pengaruh oleh lingkungan sekitar saya.
Dengan cara mereka memberi saya saran dan masukan  saya bisa berfikir lebih jauh lagi akan kegunaan laptop ini. 
Jadi pengaruh lingkungan sekitar itu sangat berpengaruh bagi kita, dengan ini membuat saya yakin untuk membeli laptop ini, dan membuat saya lebih bersemnagat untuk mempelajarinya.


Komentar